Kamis, 25 Januari 2018

1. Air Hidrogen adalah Antioksidan dan Mencegah Kerusakan Otak

Molekul hidrogen (H2) dapat melindungi sel dan jaringan dari kerusakan oksidatif dengan secara selektif mengurangi spesies oksigen reaktif (ROS).

Tidak seperti antioksidan lainnya, H2 memiliki kemampuan unik untuk melintang membran sel dan menargetkan organel seperti mitokondria dan nukleus.

Meminum air hidrogen mencegah perkembangan penyakit Parkinson dalam penelitian percobaan pada tikus. Air hidrogen mengurangi stres oksidatif dan mencegah kerusakan kognitif yang terkait dengan demensia dan penyakit Parkinson.

Air hidrogen mencegah perkembangan degenerasi saraf, dan juga mengurangi kerugian neuron pada studi tikus penyakit Parkinson lainnya.

Selain itu, dalam sebuah penelitian pada pasien penyakit Parkinson, ditemukan bahwa asupan air hidrogen mengurangi kerusakan neurotoksik, yang sesuai dengan penelitian sebelumnya pada hewan.

Serta diketahui tidak ditemukan adanya efek samping pada air hidrogen pada dosis tinggi (1000 mL / hari) sekalipun[R].

2. Air Hidrogen Dapat Memperbaiki Gangguan Otak

Air hidrogen mengembalikan pertumbuhan alami sel otak pada tikus. Karena anti-depresan yang meningkatkan neurogenesis dewasa, air hidrogen dapat digunakan untuk mencegah depresi dan beberapa gangguan mental lainnya.

3. Air Hidrogen Menekan Peradangan

Molekul hidrogen (H2) menunjukkan efek anti-inflamasi pada banyak penelitian hewan

Dalam sebuah penelitian, pasien dengan rheumatoid arthritis (sebuah penyakit radang kronis) meminum 0,4 L / hari air hidrogen selama 4 minggu. Pada akhir penelitian, semua pasien dengan rheumatoid arthritis awal mencapai remisi dan 20% menjadi bebas gejala.

4. Air Hidrogen Mengurangi Kelelahan Otot, Defisit Motor, dan Degenerasi Otot

Dalam penelitian pada atlet muda. minum air hidrogen mengurangi pembentukan asam laktat saat berolahraga berat dan mengurangi kelelahan otot.

Dalam sebuah studi pada tikus dengan Duchenne muscular dystrophy (DMD), penyakit otot yang menghancurkan, air hidrogen mencegah penambahan massa tubuh yang tidak normal dan meningkatkan produksi glutathione peroksidase antioksidan. Ditemukan juga bahwa air hidrogen berpotensi memperbaiki distrofi otot pada pasien DMD.

5. Air Hidrogen Mencegah Sindrom Metabolik

Air hidrogen secara signifikan mengurangi lemak hati pada tikus dengan diabetes tipe 2 dan obesitas dan juga pada tikus dengan diet berlemak tinggi. Juga, kadar glukosa, insulin, dan trigliserida menurun dengan merangsang metabolisme energi.

Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa air hidrogen mampu mencegah aterosklerosis (pengerasan arteri).

Dalam sebuah penelitian pada pasien dengan potensi sindrom metabolik, minum air hidrogen (1,5 - 2 L / hari) selama 8 minggu menunjukkan peningkatan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan penurunan kolesterol total.

6. Air Hidrogen Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Meminum air hydrogen dalam jangka panjang dapat menjaga keseimbangan berat badan dan lemak pada tubuh pada tikus, meski tidak ada perubahan asupan makanan dan air.

7. Air Hidrogen Meningkatkan Fungsi Mitokondria

Studi klinis telah menunjukkan bahwa mem inum air hidrogen dapat melindungi mitokondria dan memperbaiki hasil gangguan mitokondria secara langsung.

Minum air hidrogen juga merangsang metabolisme energi (yang diukur dengan konsumsi oksigen dan produksi CO2).

8. Air Hidrogen Mengobati Diabetes

Uji coba klinis pada pasien diabetes tipe 2 dan glukosa toleransi terganggu menunjukkan bahwa meminum air hidrogen (900 mL) selama 8 minggu menurunkan kolesterol, glukosa toleransi yang dinormalisasi dan meningkatkan resistensi insulin pada mayoritas pasien yang diobati.

9. Air Hidrogen Dapat Mengobati Asidosis Metabolik

Asidosis metabolik adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peningkatan keasaman darah, yang dapat diperburuk dengan olahraga. Sebuah studi pada pria sehat secara fisik menyatakan bahwa asupan harian air kayahidrogen selama 14 hari meningkatkan pH darah sebelum dan sesudah berolahraga tanpa efek samping. Studi tersebut menyimpulkan bahwa meminum air hidrogen aman dan mungkin memiliki efek alkalizing dalam darah.

10. Air Hidrogen Bisa Mencegah Kanker

Air hidrogen yang dipanaskan ditemukan sebagai agen anti-tumor yang efektif.

Air hidrogen menekan pertumbuhan koloni tumor dengan mengurangi stres oksidatif pada lidah manusia dan jaringan yang terikat sel kanker.

Air hidrogen juga menghambat angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah) pada sel kanker di dalam paru-paru manusia.

11. Air Hidrogen Mengurangi Efek Samping dari Pengobatan Kanker

Meminum air hidrogen mengurangi kemungkinan kematian dan penurunan berat badan yang disebabkan oleh obat anti-kanker, cisplatin, dan toksisitas ginjal yang berkurang pada tikus.

Dalam sebuah penelitian pada pasien yang menerima terapi radiasi untuk tumor hati ganas, meminum air hidrogen (1,5 - 2 L / hari) menekan stres oksidatif (yang diukur dengan kenaikan kadar hidroperoksida total) dan mencegah hilangnya nafsu makan.

12. Air Hidrogen Meningkatkan Kesehatan Kulit

Air hidrogen yang diberikan secara intravena (disuntik atau diinfus ke dalam pembuluh darah) ke pasien dengan penyakit kulit eritematosa akut dapat mengurangi eritema (kemerahan) dan gejala yang terkait secara signifikan.

Dalam penelitian terhadap manusia, mandi dalam air hidrogen selama 3 bulan memperbaiki keriput di kulit secara signifikan.

Air hidrogen juga mengurangi kerusakan sel kulit manusia dari sinar ultraviolet (UV).

13. Air Hidrogen Akan Mempertinggi Tingkat Penyembuhan

Asupan air hidrogen melalui pemberian tabung pada pasien lanjut usia mengurangi ukuran luka pada tekanan ulkus dan meningkatkan pemulihannya.

14. Air Hidrogen Mengurangi Kerusakan Organ Transplantasi

Air hidrogen dalam bentuk larutan pelestarian mengurangi kerusakan berbagai organ selama transplantasi.

15. Air Hidrogen Meredakan Disfungsi Kandung Kemih

Dalam sebuah studi pada tikus yang diinduksi pembedahan dengan penyumbatan kandung kemih, meminum air hidrogen secara signifikan dapat menekan menahan berat kantung kemih dan stres oksidatif. Selain itu, air hidrogen membalikkan respons yang menurun pada otot dan medan stimulasi listrik. Hasil ini menunjukkan bahwa air hidrogen dapat membantu pasien dengan obstruksi kantung kemih dengan menurunkan tegangan oksidatif.

16. Air Hidrogen bersifat Cardio-Protective

Merawat tikus yang diabetes dengan air hidrogen secara signifikan meningkatkan fungsi otot jantung. Hal ini menunjukkan bahwa hidrogen molekuler dapat bermanfaat untuk penyakit otot jantung diabetes.

17. Air Hidrogen Melindungi Mata

Tetes tetes H2 memperlebar proses pemulihan setelah cedera retina pada tikus.

Mengobati kornea dengan larutan hidrogen secara signifikan mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah) setelah luka bakar alkali pada tikus, yang menunjukkan bahwa terapi hidrogen dapat mencegah kebutaan yang disebabkan oleh luka bakar kimia pada mata.

18. Air Hidrogen Mencegah Gangguan Pendengaran

Molekul hidrogen melindungi sel rambut pendengaran dari kerusakan oksidatif.

Studi pada kelinci percobaan menemukan bahwa garam dan air kaya hidrogen mencegah kematian sel rambut koklea setelah terpapar sinar, menunjukkan bahwa air hidrogen dapat melindungi terhadap gangguan pendengaran akibat noise (polusi udara).

19. Air Hidrogen Melawan Alergi

Minum air hidrogen menghilangkan reaksi alergi tipe langsung pada tikus.

Dermatitis atopik (AD) adalah gangguan kulit inflamasi alergi yang ditandai dengan ruam bersisik merah pada kulit. Pada tikus dengan kulit seperti AD, air hidrogen mampu memperbaiki gejala dengan menekan peradangan (melalui manipulasi respons Th1 dan Th2).

20. Air Hidrogen Mengurangi Penyakit Ginjal

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa air kaya hidrogen mampu memperbaiki disfungsi ginjal dengan mengurangi stres oksidatif dan produk limbah kimia (kreatinin (Cr) dan nitrogen urea darah (BUN).

Meminum air hidrogen juga mengurangi peradangan dan tekanan darah pada pasien hemodialisis.

21. Air Hidrogen Melindungi Hati

Meminum air hidrogen menekan fibrogenesis hati pada tikus dengan melindungi sel hati dari kerusakan radikal bebas.

Air hidrogen juga memperbaiki fungsi hati secara signifikan dan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan hepatitis B kronis.

22. Air Hidrogen Meningkatkan Kesehatan Lambung

Air kaya hidrogen mengurangi mukosa lambung perut yang diinduksi oleh aspirin pada tikus (dengan menekan stres oksidatif dan pembengkakan), yang menunjukkan bahwa air hidrogen dapat melindungi individu sehat dari kerusakan usus yang disebabkan oleh stres oksidatif.

23. Air Hidrogen Melindungi Paru-Paru

Konsumsi air hidrogen pada tikus memiliki efek perlindungan terhadap cedera jaringan paru-paru dengan menekan peradangan dan stres oksidatif (melalui pengurangan aktivitas NF-κB).

24. Air Hidrogen bersifat Radioprotektif

Sebuah studi menemukan bahwa tikus pra-perlakuan dengan air hidrogen sebelum paparan iradiasi meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dan melindungi jantung dari kerusakan akibat radiasi. Perlakuan hidrogen juga menghambat kematian akibat iradiasi pada sel darah putih manusia yang dikultur, menunjukkan bahwa hidrogen dapat digunakan sebagai agen radioprotektif yang efektif.

25. Air Hidrogen Meringankan Rasa Sakit

Pada tikus, asupan air hidrogen oral ditemukan untuk mengurangi gejala umum nyeri neuropatik (allodynia dan hyperalgesia termal). Studi tersebut menyimpulkan bahwa air hidrogen dapat membantu untuk menghilangkan nyeri saraf pada situasi klinis.

26. Air Hidrogen Dapat Memperpanjang Masa Hidup

Kemampuan hidrogen molekuler untuk melindungi DNA nuklir dan mitokondria dari kerusakan oksidatif diperkirakan memiliki efek menguntungkan pada penyakit kronis seperti kanker dan proses penuaan.

H2 menunda masa replikatif pada sel induk sumsum tulang dengan mengurangi stres oksidatif.

Ketika sel endotel vena umbilikalis manusia (Human Umbilical Vein Endothelial Cells / HUVECs) tumbuh dalam medium kaya hidrogen, baik stres oksidatif maupun penuaan seluler ditekan. Studi tersebut menyimpulkan bahwa meminum air hidrogen dapat meningkatkan panjang umur manusia.

27. Air Hidrogen adalah Antibakteri dan Menjaga Kesehatan Mulut

Sebuah studi menemukan bahwa air hidrogen dapat memperbaiki kebersihan mulut karena efek antibakterinya terhadap rongga dan bakteri penyebab penyakit gusi.

Pada pasien dengan infeksi gusi, minum air kaya hidrogen memperbaiki gejala penyakit dan meningkatkan efek pengobatan penyakit gusi non-bedah.