Kamis, 25 Januari 2018

Pada umumnya kita mengenal air dalam bentuk cair. Namun sebenarnya, air memiliki sifat tertentu yang begitu berbeda dari cairan pada umumnya dan sulit untuk dijelaskan secara ilmiah. Itulah mengapa, menjadi sangat penting dari hal apa pun untuk selalu berupaya memiliki pemahaman air yang tepat dan ilmiah.

Air yang sepertinya “berlimpah” padahal sejatinya sangat terbatas air yang bisa dimanfaatakan untuk menopang kesehatan dan kehidupan juga turut ambil bagian membuat kita enggan untuk mempelajarinya.

Bahkan banyak aktiftas yg terjadi di sekitar kita terkait dengan Air juga terlupakn dan tidak pernah mau tau, terjadi dan berlalu begitu saja. seperti : Pembantu rumah tangga setiap hari mencuci pakaian menggunakan air; Membersihkan lantai juga pakai air, membersihkan peralatan rumah juga pakai air; Mencuci kendaraan juga pakai air; Mandi membersihkan kotoran kulit juga pakai air.

Ada apa dengan Air?

Apa yg bisa dilaklukan oleh air?

Air, tetap saja menyimpan sejuta misterinya.

Misteri Air

Kata “Jelas” dalam pemahaman kita selama ini terkait pengetahuan umum tentang air sebenarnya juga tidak jelas. Ilmu pengetahuan modern tidak bisa menjelaskan bahkan mengapa air bisa membeku pada suhu 0 derajat selsius dan mendidih pada suhu 100 derajat selsius.

Kisah unik seputar properti air ini biarlah menjadi tambahan referensi untuk mendapatkan pemahaman tentang air yang lebih banyak dan menarik, untuk kemuadian bagaimana kita bisa menjadi lebih mencintai air dan bijaksana dalam memilih air khususnya dengan air minum sehari-hari.

Mengapa air membeku pada suhu 0 derajat selsius dan mendidih pada suhu 100 derajat selsius ?

Sepertinya hal itu sudah menjadi pemahaman umum, bahkan anak-anak siswa SD pun sudah mengetahui bahwa air akab membeku pada suhu 0 derajat selsius dan mendidih pada suhu 100 derajat selsius.

Hal tersebut jelas merupakan pengetahuan umum yg sudah jelas, akan tetapi benar-benar menjadi fenomena yang luar biasa sekali ketika kita bisa melihat dengan kaca mata ilmiah.

Rumus kimia air adalah H2O. Dalam ilmu kimia, hal itu berarti senyawa hidrogen dari unsur kelompok oksigen. Seperti yang terlihat pada grafik di bawah ini, setiap elemen memiliki titik beku dan titik didih meningkat secara proporsional sesuai dengan berat molekul.

Dibandingkan dengan senyawa hidrogen dari unsur kelompok oksigen lain dalam tabel periodik, air seharusnya membeku pada suhu sekitar (minus) -110 derajat selsius dan mendidih pada suhu sekitar (minus) -80 derajad selsius.

Kemudian, air dalam suhu konstan seharusnya berada dalam bentuk uap, akan tetapi kenyataannya bahwa air membeku pada suhu 0 derajat selsius dan mendidih pada suhu 100 derajat selsius. Berada sebagai cairan pada suhu konstan adalah properti sangat unik yang hanya dimiliki oleh Air.